Wednesday, December 26, 2012

Android versi 4.1 dan 4.2 (Jelly Bean)


Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.  Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

Adapun kelebihan dari android 4.1 dan 4.2 adalah
Fitur Miracast
Miracast merupakan sebuah bentuk protokol yang membolehkan perangkat baru semacam Nexus 4 untuk melakukan streaming audio dan video pada televisi yang mempunyai fitur Miracast. Jika anda adalah pengguna Apple, maka kamu pasti sudah pernah mencicipi fitur AirPlay. Nah, Miracast adalah fitur baru Android 4.2 Jelly Bean Google yang mirip AirPlay Apple.
Untuk menikmati Fitur Miracast dibutuhkan perangkat pendukung tambahan yang sekarang sedang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan. Perangkat pendukung Fitur Miracast ini bisa berbentuk box untuk dihubungkan ke televisi, ataupun televisi yang sudah mendukung Miracast secara built-in. Dan salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan perangkat tambahan Fitur Miracast adalah LG. LG sudah berkomitmen untuk memasukkan fitur Miracast kedalam line up smart tv mereka pada tahun 2013.
Fitur Gesture Typing Keyboard
Dengan fitur ini pengguna bisa membuat tulisan hanya dengan melakukan swipe di atas keyboard virtual. Dan bukan cuma itu, keyboard tersebut juga akan menampilkan prediksi kata yang semakin 'pintar'. Teknik mengetik seperti itu memang bukan hal baru, dan sudah disediakan oleh vendor pihak ketiga seperti aplikasi SwiftKey.
Fitur Photo Sphere Kamera
Fitur Photo Sphere merupakan fitur Android 4.2 Jelly Bean Google yang merupakan penyempurnaan fitur panorama mode yang mulai diperkenalkan Google sejak Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Dengan fitur baru ini, fungsi panorama mode pada Android 4.2 akan lebih baik. Hasil foto panorama tidak hanya bisa dilihat dalam bentuk rata seperti foto panorama pada umumnya, melainkan bisa menghasilkan gambar yang impresif seperti yang terdapat pada layanan Google Street View.
Bisa Login Berbagai User
Bagi pengguna tablet Android mungkin akan semakin dimanjakan dengan versi terbaru ini, pasalnya Android 4.2 ini sudah mendukung multiple sign-in. Fitur tersebut mirip dengan yang ada di Windows 8 Pro atau RT, pengguna bisa masuk sebagai salah satu user dengan konfigurasi sesuai dengan masing-masing user.
Di sini pengguna bisa mengkostumisasi tampilan home screen, background, widget dan aplikasi yang sering dipakai. Cukup menarik bukan? Jadi setiap user menggunakan tablet dengan cara yang lebih personal.
Fitur baru di Gmail
Anda sekarang dapat menggunakan pinch-to-zoom di Gmail untuk membaca, triple-ketuk untuk memperbesar homescreen atau zoom dengan dua jari, serta menambahkan keluaran suara dan navigasi gesture mode untuk pengguna tunanetra.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host