Thursday, March 22, 2012

Istilah Dalam Struktur Data


 
1.    Komputer
     Definisi komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.
2.    Sistem
     Definisi sitem adalah jaringan daripada elemenelemen yang saling berhubungan, membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
3.    Struktur Data
     Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien
4.    Representasi berurutan (sequential representation)
Struktur data disimpan dalam sebuah blok berurutan yang mencakup descriptor dan komponen-komponennya.
5.    Representasi terhubung(linked representation)
Struktur data disimpan pada beberapa blok penyimpanan di tempat yang berbeda-beda dalam memori.
Sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

7.    Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer.
8.    Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
9.    Database
     Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien.
10.    Data Set
     Istilah untuk sekelompok record data yang sama dan saling terhubung dalam memori computer.
11.    Data Bit
     Sekelompok bit yang digunakan untuk menggambarkan satu karakter:character data untuk transmisi
12.    Objek data
Istilah untuk menyebut sekelompok data yang ada saat program dijalankan.
13.    Enkapsulasi (Pembungkusan)
·      Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi.
·      Definisi enkapsulasi: menyembunyikan cara kerja dan sistem.
·      Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa C.
14 .Konstanta
Sesuai dengan namanya “konstanta”, maka nilai dalam konstanta selalu konstan atau tetap dan kita tidak dapat merubah nilai dari konstanta pada saat program sedang dijalankan.
15.    Variabel
Variabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khas untuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut.
16.    Integer
Integer adalah tipe data nilainya merupakan bilangan bulat dan teerbagi atas beberapa macam.
17.    Boolean
Boolean digunakan untuk merepresentasikan logika. Bolean hanya dapat bernilai True(1) dan False(0).
18.    Real
Real biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai pecahan.
19.  Karakter
Tipe data karakter hanya dapat menampung satu karakter saja dan mengalokasikan satu byte memori.
20.    String
String adalah tipe data gabungan(array) dari karakter sebanyal 256 karakter
21.    Record(Rekaman)
Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya.
Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
22.    Array(Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan misalnya integer atau karakter.
23.    Stack(Tumpukan)
Stack (tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan “di atas” (top), penghapusan selalu dilakukan pada top). Karena aturan penyisipan dan penghapusan semacam itu, top adalah satu-satunya alamat tempat terjadi operasi.
24.     Queue(Antrian)
Queue (antrian) adalah list linier yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail); Aturan penyisipan dan penghapusan elemennya disefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama; Satu elemen dengan elemen lain dapat diakses melalui informasi next.
25.    Dequeue
Mengeluarkan satu elemen dari suatu AntrianDigunakan untuk menghapus elemen terdepan/pertama (head) dari Antrian
• Dengan cara menggeser semua elemen antrian kedepan dan mengurangi Tail dgn 1
• Penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping
26.    Enqueue
• Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian, penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang
• Penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu
27.    List linier
Sekumpulan elemen bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari 2 bagian.
28.    Binary Tree (Pohon Biner)
Sebuah pohon biner (binary tree) adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub pohon kiri (left) dan sub pohon kanan (right) dari pohon biner tersebut. Pohon biner merupakan tipe yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan
29.    Graph(Graf)
Graph merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linier memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antara entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.
30.    Subrange
Merupakan tipe data bilangan yang punya jangkauan nilai tertentu sesuai dengan definisi pada pemrogram.
31.    Assignment operator
(operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda sama dengan (:=). Contoh –> A:=B;
32.    Binary operator
Digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand yang berbentuk konstanta ataupun variable. Operator ini digunakan untuk operasi arithmatika yang berhubungan dgn nilai tipe data Integer dan Real. Operasi yang dilakukan adalah : Pertambahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian Bulat (DIV), Pembagian Real (/) dan Modulus atau Sisa Pembagian (MOD)
33.    Unary operator,
Operator ini menggunakan sebuah operand saja dapat berupa unary minus dan unary plus. Contoh : +2.5, a+(+b) dll
34.    Bitwise operator
Digunakan untuk operasi bit per bit pada nilai integer.
Operator yang digunakan (NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr)
35.    Pengurutan
Proses menyusun atau mengurutkan data-data menjadi terurut.
36.    Insertion Sort
       Metode ini dimulai dari list yang sudah terurut dengan satu elemen saja, kemudian menyisipkan elemen-elemen berikutnya dalam list dengan tetap menjaga agar list dalam keadaan urut.
37.    Selection Sort
Metode menghindari proses pemindahan data yang berlebihan seperti yang terjadi pada insertion sort.
38.    Shell Sort
Metode membandingkan data-data dalam jarak tertentu.
39.     Bubble Sort
Metode gelembung (bubble sort) sering juga disebut dengan metode penukaran (exchange sort) adalah metode yang mengurutkan data dengan cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan penukaran bila perlu.
40.     Quick (Quick Sort)
Sering disebut juga metode partisi (partition exchange sort). Untuk mempertinggi efektifitas dari metode ini, digunakan teknik menukarkan dua elemen dengan jarak yang cukup besar.
41.     Quick Sort Non Rekursif
         Implementasi secara non rekursif memerlukan dua buah tumpukan (stack) yang digunakan yang digunakan untuk menyimpan batas-batas subbagian.
42.    Urut naik (ascending)
Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar
43.    Urut turun (descending)
       Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.
44.    Matriks
Struktur data yang mengacu pada sekumpulan elemen yang diakses melalui indeks
45.    Pointer (penunjuk)
Sebuah variabel yang digunakan sebagai penunjuk alamat dari variabel lain. Pointer disini berfungsi menyimpan alamat dari sebuah variabel dan dapat mengakses nilai yang ada di alamat tersebut, pointer dapat mengubah nilai, menampilkan nilai atau menampilkan alamat dari variabel yang disimpannya.
46.    Algoritma
Algoritma adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrogaman tertentu seperti bahasa Pascal, Visual Basic, Java, dan masih banyak lagi bahasa yang lain.
47.    Bahasa pemrograman
Sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer
48.    Linked list
Merupakan stuktur data yang memiliki kelebihan dalam efisiensi memori dan kecepatan dalam menyisipkan data.
49.    Rekursi
Salah satu metode penyelesaian/solusi masalah dengan mendefinisikan masalah baru yang jenis permasalahan kasusnya sama.
50.    Hashing
Transformasi dari string karakter menjadi nilai biasanya lebih pendek atau panjang kunci yang mewakili string asli.Hashing digunakan untuk indeks dan mengambil item dalam database karena lebih cepat untuk menemukan item menggunakan kunci hash lebih pendek daripada untuk menemukannya menggunakan nilai asli.





0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host