1.
Komputer
Definisi komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data,
mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan
suatu program yang tersimpan di memori komputer dan juga dapat menyimpan
program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.
2.
Sistem
Definisi sitem adalah jaringan daripada elemenelemen yang saling berhubungan,
membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
3. Struktur
Data
Struktur data adalah cara
menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai
secara efisien
4. Representasi berurutan (sequential representation)
Struktur data disimpan dalam sebuah blok berurutan yang mencakup descriptor dan komponen-komponennya.
Struktur data disimpan dalam sebuah blok berurutan yang mencakup descriptor dan komponen-komponennya.
5. Representasi terhubung(linked representation)
Struktur data disimpan pada beberapa blok penyimpanan di tempat yang berbeda-beda dalam memori.
Struktur data disimpan pada beberapa blok penyimpanan di tempat yang berbeda-beda dalam memori.
Sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu
komputer dapat menjalankan suatu perintah
7. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat
keras komputer.
8. Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian
yang kita hadapi. Data adalah
kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
9.
Database
Database bisa dikatakan sebagai suatu
kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data
tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien.
10. Data Set
Istilah untuk sekelompok record data yang sama dan saling terhubung dalam
memori computer.
11. Data Bit
Sekelompok bit yang digunakan untuk menggambarkan satu karakter:character
data untuk transmisi
12. Objek data
Istilah untuk
menyebut sekelompok data yang ada saat program dijalankan.
13.
Enkapsulasi
(Pembungkusan)
·
Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek
yang terlindungi.
· Definisi enkapsulasi:
menyembunyikan cara kerja dan sistem.
·
Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur
dalam bahasa C.
14 .Konstanta
Sesuai dengan namanya
“konstanta”, maka nilai dalam konstanta selalu konstan atau tetap dan kita
tidak dapat merubah nilai dari konstanta pada saat program sedang dijalankan.
15. Variabel
Variabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khas untuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut.
Variabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khas untuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut.
16. Integer
Integer adalah tipe data nilainya merupakan bilangan bulat dan teerbagi atas beberapa macam.
Integer adalah tipe data nilainya merupakan bilangan bulat dan teerbagi atas beberapa macam.
17. Boolean
Boolean digunakan untuk merepresentasikan logika. Bolean hanya dapat bernilai True(1) dan False(0).
Boolean digunakan untuk merepresentasikan logika. Bolean hanya dapat bernilai True(1) dan False(0).
18. Real
Real biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai pecahan.
Real biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai pecahan.
19. Karakter
Tipe data karakter hanya dapat menampung satu karakter saja dan mengalokasikan satu byte memori.
Tipe data karakter hanya dapat menampung satu karakter saja dan mengalokasikan satu byte memori.
20. String
String adalah tipe data gabungan(array) dari karakter sebanyal 256 karakter
String adalah tipe data gabungan(array) dari karakter sebanyal 256 karakter
21. Record(Rekaman)
Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
22. Array(Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan misalnya integer atau karakter.
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan misalnya integer atau karakter.
23. Stack(Tumpukan)
Stack (tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan “di atas” (top), penghapusan selalu dilakukan pada top). Karena aturan penyisipan dan penghapusan semacam itu, top adalah satu-satunya alamat tempat terjadi operasi.
Stack (tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan “di atas” (top), penghapusan selalu dilakukan pada top). Karena aturan penyisipan dan penghapusan semacam itu, top adalah satu-satunya alamat tempat terjadi operasi.
24. Queue(Antrian)
Queue (antrian) adalah list linier yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail); Aturan penyisipan dan penghapusan elemennya disefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama; Satu elemen dengan elemen lain dapat diakses melalui informasi next.
Queue (antrian) adalah list linier yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail); Aturan penyisipan dan penghapusan elemennya disefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama; Satu elemen dengan elemen lain dapat diakses melalui informasi next.
25. Dequeue
Mengeluarkan
satu elemen dari suatu AntrianDigunakan untuk menghapus elemen terdepan/pertama
(head) dari Antrian
• Dengan cara menggeser semua elemen antrian kedepan dan mengurangi Tail dgn 1
• Penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping
• Dengan cara menggeser semua elemen antrian kedepan dan mengurangi Tail dgn 1
• Penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping
26. Enqueue
• Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian, penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang
• Penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu
• Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian, penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang
• Penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu
27. List linier
Sekumpulan
elemen bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya
terdiri dari 2 bagian.
28. Binary Tree (Pohon Biner)
Sebuah pohon biner (binary tree) adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub pohon kiri (left) dan sub pohon kanan (right) dari pohon biner tersebut. Pohon biner merupakan tipe yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan
Sebuah pohon biner (binary tree) adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub pohon kiri (left) dan sub pohon kanan (right) dari pohon biner tersebut. Pohon biner merupakan tipe yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan
29. Graph(Graf)
Graph merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linier memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antara entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.
Graph merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linier memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antara entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.
30. Subrange
Merupakan tipe data bilangan yang punya jangkauan nilai tertentu sesuai dengan definisi pada pemrogram.
Merupakan tipe data bilangan yang punya jangkauan nilai tertentu sesuai dengan definisi pada pemrogram.
31. Assignment operator
(operator pengerjaan)
menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda sama dengan (:=). Contoh –>
A:=B;
32. Binary operator
Digunakan untuk
mengoperasikan dua buah operand yang berbentuk konstanta ataupun variable.
Operator ini digunakan untuk operasi arithmatika yang berhubungan dgn nilai
tipe data Integer dan Real. Operasi yang dilakukan adalah : Pertambahan (+),
Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian Bulat (DIV), Pembagian Real (/) dan
Modulus atau Sisa Pembagian (MOD)
33. Unary
operator,
Operator ini menggunakan sebuah operand saja
dapat berupa unary minus dan unary plus. Contoh : +2.5, a+(+b) dll
34. Bitwise operator
Digunakan untuk operasi
bit per bit pada nilai integer.
Operator yang digunakan (NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr)
Operator yang digunakan (NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr)
35. Pengurutan
Proses menyusun atau mengurutkan data-data
menjadi terurut.
36. Insertion
Sort
Metode ini dimulai dari
list yang sudah terurut dengan satu elemen saja, kemudian menyisipkan elemen-elemen
berikutnya dalam list dengan tetap menjaga agar list dalam keadaan urut.
37. Selection Sort
Metode menghindari proses
pemindahan data yang berlebihan seperti yang terjadi pada insertion sort.
38. Shell Sort
Metode membandingkan
data-data dalam jarak tertentu.
39.
Bubble Sort
Metode gelembung (bubble sort) sering juga disebut dengan metode
penukaran (exchange sort) adalah metode yang mengurutkan data dengan
cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan penukaran bila
perlu.
40.
Quick (Quick Sort)
Sering disebut juga metode partisi (partition exchange sort). Untuk
mempertinggi efektifitas dari metode ini, digunakan teknik menukarkan dua
elemen dengan jarak yang cukup besar.
41.
Quick Sort Non Rekursif
Implementasi secara non
rekursif memerlukan dua buah tumpukan (stack) yang digunakan yang digunakan
untuk menyimpan batas-batas subbagian.
42. Urut naik (ascending)
Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar
Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar
43. Urut turun (descending)
Mengurutkan dari data
yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.
44. Matriks
Struktur data yang
mengacu pada sekumpulan elemen yang diakses melalui indeks
45. Pointer (penunjuk)
Sebuah variabel yang
digunakan sebagai penunjuk alamat dari variabel lain. Pointer disini berfungsi
menyimpan alamat dari sebuah variabel dan dapat mengakses nilai yang ada di
alamat tersebut, pointer dapat mengubah nilai, menampilkan nilai atau
menampilkan alamat dari variabel yang disimpannya.
46. Algoritma
Algoritma adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrogaman tertentu seperti bahasa Pascal, Visual Basic, Java, dan masih banyak lagi bahasa yang lain.
Algoritma adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrogaman tertentu seperti bahasa Pascal, Visual Basic, Java, dan masih banyak lagi bahasa yang lain.
47. Bahasa pemrograman
Sering diistilahkan juga
dengan bahasa komputer, adalah teknik
komando/instruksi standar untuk memerintah komputer
48. Linked list
Merupakan stuktur data
yang memiliki kelebihan dalam efisiensi memori dan kecepatan dalam menyisipkan
data.
49. Rekursi
Salah satu metode
penyelesaian/solusi masalah dengan mendefinisikan masalah baru yang jenis
permasalahan kasusnya sama.
50.
Hashing
Transformasi
dari string karakter menjadi nilai biasanya lebih pendek atau panjang kunci
yang mewakili string asli.Hashing digunakan untuk indeks dan mengambil item
dalam database karena lebih cepat untuk menemukan item menggunakan kunci hash
lebih pendek daripada untuk menemukannya menggunakan nilai asli.
0 comments:
Post a Comment