Friday, June 15, 2012

JAUHI NARKOBA !


Sebelum kita lebih jauh membahas tentang tema makalah ini, tidak ada salahnya saya sedikit menjelaskan tentang narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lainnya yang diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah “napza” yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
Semua istilah narkoba atau napza mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.
Narkotika merupakan bahan yang berasal dari 3 jenis tanaman Papaper Somniferum (Candu), Erythroxyion coca (kokain), dan cannabis sativa (ganja) baik murni maupun bentuk campuran. Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun Yang termasuk Narkotika adalah opium, codein, methadone, mescalin dan lain lain.

Psikotropika merupakan bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya. Adapun beberapa jenis dari psikotropika adalah ekstasi, demerol, speed, dan lain lain.
Zat adiktif merupakan zat zat yang membuat kita ketagihan apabila kita mengkonsumsinya secara rutin. Zat adiktif ini banyak kita jumpai dikehidupan sehari hari seperti nikotin (rokok), kafein (kopi), alkohol, dan lain lain.
Setelah kita menyimak dari cuplikan di atas, kita bisa melihat barang barang yang bisa kita jumpai sehari hari juga merupakan bagian dari napza. Namun kalau semua nya masih sesuai dengan takarannya, maka itu bukanlah menjadi suatu masalah. Jadi jangan terlalu sering meminum teh atau kopi, meminum air outih tentunya lebih sehat.
Baik, sekarang kita bahas tema kita tentang “ Jauhkan Narkoba Dari Lingkungan dan Kehidupan Anda”. Sebenarnya kalau untuk menjauhkan narkoba dari lingkungan kita itu bukanlah hal yang mudah. Karena banyak sekali narkoba narkoba yang beredar tanpa sepengetahuan kita. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa mencegah narkoba hinggap di dalam tubuh kita.
Jujur, saya ini basic nya bukan dari kesehatan, yang faham tentang bahaya bahaya narkoba pada diri kita. Saya juga bukan seorang psikolog yang mengerti tentang kondisi batin sang pecandu narkoba atau kondisi orang yang ingin menggunakan narkoba. Namun saya manusia yang mempunyai kewajiban untuk melindungi sesama. Sebenarnya, kasus penyalahgunaan narkoba itu banyak terjadi pada kalangan remaja, yaa sekitar 13 tahun ke atas. Mengapa bisa begitu ?
Ramaja memang identik dengan yang namanya “mencari jati diri’, mereka akan selalu mencoba tentang hal hal yang baru, syukur kalau ternyata hal baru tersebut bersifat positif, lalu bagai mana jika mereka melakukan hal yang bersifat negatif seperti narkoba ? itu lah yang disebut dengan kenakalan remaja.
Kenakalan remaja ini biasa nya dilakukan oleh mereka yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun saat kanak kanak. Masa kanak kanak dan masa remaja berlangsung begitu singkat, dengan perkembangan fisik, psikis, dan emosi yang begitu cepat. Kenakalan ini timbul dikarenakan adanya konflik-konflik yang tidak terselesaikan di masa lalunya, seringkali ada trauma di masa lalunya, perlakuan kasar dan tidak menyenangkan dari lingkungannya, maupun trauma terhadap kondisi lingkungan, seperti kondisi ekonomi yang membuatnya merasa rendah diri dan sebagainya.
Nah faktor kenalakan remaja ini lah yang bisa membuat remaja bisa menggandrungi yang namanya narkoba. Jadi yang perlu diatasi itu “kenakalan”-nya atau “narkoba”-nya? He he narkoba itu bisa terjadi karena ada kenakalan, insyaallah kalau anak nya baik baik mah gak bakalan mencoba yang namanya narkoba.
Jadi saya jelaskan dulu beberapa faktor yang mempengaruhi kenalan remaja :
1.      Pengaruh teman seperkawanan
Jadi, dikalangan remaja, memiliki banyak teman merupakan bentuk prestasi tersendiri. Makin banyak teman, makin tinggi nialai mereka di mata teman temannya. Dan sekarang, pengaruh teman bermain tidak hanya mempengaruhi sang anak saja, tapi juga orang tua nya. Jadi ada aja orang tua yang senang anaknya bergaul dengan kalangan tertentu. Alangkah baiknya orang tua bisa mengarahkan anak nya agar bisa mempunyai teman bergaul yang sesuai, orang tua juga bisa memberikan kesibukan dan sebagian tanggung jawab pada anaknya. Pemberian tanggung jawab ini juga gak bisa semerta merta diberikan dengan cara pakasaan, berilah pengertian pada sang anak tentang kedisiplinan, sekaligus berilah teladan yang baik juga.
Pengaruh teman ini juga sangat besar, seperti kutipan dalil di bawah ini :
“perumpaan teman duduk (teman bergaul) yang sholih dan teman duduk yang jelek itu sebagaimana gambaran orang menjual minyak wangi dan tukang pandai besi, walaupun kamu tidak menjumpai pada minyak wangi tersebut, kamu akan mencium bau wangi nya, dan tukang pandai besi akan membakar badanmu atau pakaian mu atau kamu akan mencium bau yang tidak enak” H.R Bukhari, fii kitaabulbuyu’.
Jadi pintar pintar lah memilih teman bergaul

2.      Pendidikan
Memberikan pendidikan yang sesuai adalah merupakan salah satu tugas orang tua kepada anak. Agar anak dapat memeperoleh pendidikan yang sesuai, pilihkanlah sekolah yang bermutu.
3.      Penggunaan waktu luang
Kegiatan di masa remaja sering kali hanya berkisar pada sekolah, kampus, atau mungkin menyelesaikan kegiatan rumah. Mengisi waktu luang memang merupakan kebijaksanaan remaja, mungkin mereka ingin mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang mereka suakai, namun peran orang tua hendaknya bisa memikirkan hal itu pula. Jadi orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan materinya saja, namun juga memperhatikan perkembangan batinnya.
4.      Uang saku
Naaah ini nih  . . .orang tua hendaknya bisa memberi teladan untuk menanamkan pengertian bahwa uang hanya dapat diperoleh dengan kerja dan keringat. Remaja hendaknya bisa dididik agar dapat menghargai uang. Mereka dilatih agar mempuanyai sifat tidak suka memboroskan uang namun juga tidak terlalu kikir. Mereka bisa diajarkan hidup dengan bijakasana dalam menggunakan uang saku dengan menggunakan prinsip kerja keras hisup hemat.
Di atas tadi merupakan beberapa (tidak semua) faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kenakalan remaja. Narkoba pun terjadi karena adanya kenakalan remaja. Adapun faktor yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba adalah sebagai berikut :
1.      Faktor Diri, meliputi
a.       Keingintahuan yang besar untuk mencoba, tanpa sadar atau brfikir panjang tentang akibatnya di kemudian hari.
b.      Keinginan untuk mencoba-coba kerena penasaran
c.       Keinginan untuk bersenang-senang.
d.      Keinginan untuk dapat diterima dalam satu kelompok (komunitas) atau lingkungan tertentu.
e.       Workaholic agar terus beraktivitas maka menggunakan stimulant (perangsang).

2.      Faktor Lingkungan, meliputi
a.       Keluarga bermasalah atau broken home.
b.      Ayah, ibu atau keduanya atau saudara menjadi pengguna atau penyalahguna atau bahkan pengedar gelap nrkoba.
c.       Lingkungan pergaulan atau komunitas yang salah satu atau beberapa atau bahkan semua anggotanya menjadi penyalahguna atau pengedar gelap narkoba.
d.      Sering berkunjung ke tempat hiburan (café, diskotik, karoeke, dll.).
e.       Mempunyai banyak waktu luang, putus sekolah atau menganggur.

3.      Faktor Ketersediaan Narkoba.
a.       Narkoba semakin mudah didapat dan dibeli.
b.      Harga narkoba semakin murah dan dijangkau oleh daya beli masyarakat.
c.       Narkoba semakin beragam dalam jenis, cara pemakaian, dan bentuk kemasan.
d.      Modus Operandi Tindak pidana narkoba makin sulit diungkap aparat hukum.
e.       Masih banyak laboratorium gelap narkoba yang belum terungkap.
f.       Sulit terungkapnya kejahatan computer dan pencucian uang yang bisa membantu bisnis perdagangan gelap narkoba.
g.      Semakin mudahnya akses internet yang memberikan informasi pembuatan narkoba.
h.      Bisnis narkoba menjanjikan keuntugan yang besar.
i.        Perdagangan narkoba dikendalikan oleh sindikat yagn kuat dan professional. Bahan dasar narkoba (prekursor) beredar bebas di masyarakat.

Melihat banyaknya faktor penyebab penyalahgunaan narkoba di atas, in ibukan lah masalah suatu badan tertentu. Ini adalah masalah kita semua. Termasuk pada diri kita sendiri. Kita sebagai tunas bangsa, harus bisa mempunyai rasa tanggung jawab atas beban yang akan kita dapat kelak dikemudian hari. Adapun beberapa usaha yang bisa kita lakukan adalah :
1.      Dalam lingkungan keluarga, orangtua berkewajiban memberikan kasih sayang yang cukup terhadap para remajanya. Mereka tidak boleh cepat marah dan main pukul tatkala sang remaja melakukan kesalahan baik dalam tutur kata, sikap, maupun perbuatannya, tanpa diberi kesempatan untuk membela diri. sebaliknya, orangtua harus bersikap demokratis terhadap anaknya. Anak harus diposisikan sebagai insan yang juga membutuhkan penghargaan dan perhatian. Tidak cukup hanya diperhatikan kebutuhan fisiknya, tetapi juga kebutuhan psikisnya. Sehingga komunikasi yang hangat antara orangtua dan anak-anaknya menjadi langkah utama yang jitu untuk menjalin hubungan yang harmonis agar sang remaja menjadi tenteram dan nyaman tinggal di rumah. Jadi mereka tidak membutuhkan pelampiasan atau pelarian di luar rumah tatkala menghadapi persoalan yang rumit.
2.      dalam lingkungan sekolah, pihak sekolah berkewajiban memberikan informasi yang benar dan lengkap tentang narkoba sebagai bentuk antisipasi terhadap informasi serba sedikit namun salah tentang narkoba yang selama ini diterima dari pihak lain. Pihak sekolah juga perlu mengembangkan kegiatan yang berhubungan dengan penanggulangan narkoba dalam rangka mencegah dan mengatasi meluasnya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, seperti melakukan pembinaan dan pengawasan secara rutin terhadap siswa baik dengan melibatkan pihak lain (kepolisian, komite sekolah, orangtua), menggiatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat, serta mengembangkan suasana yang nyaman dan aman bagi remaja untuk belajar. Di samping itu pihak sekolah perlu berupaya keras "mensterilkan" lingkungan sekolah dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba, dengan tidak membolehkan sembarang orang memasuki lingkungan sekolah tanpa kepentingan yang jelas dan mencurigakan sekolah dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba, dengan tidak memperbolehkan sembarangan orang memasuki lingkungan sekolah tanpa kepentingan yang jelas dan mencurigakan.
3.      Dalam lingkungan masyarakat, para tokoh agama, perangkat pemerintahan di semua tingkatan mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati, Camat, Lurah, hingga RT dan RW perlu bersikap tegas dan konsisten terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungannya masing-masing yang didukung penuh oleh phak keamanan dan kepolisian. Mereka perlu terus menerus memberi penyadaran pada seluruh warga masyarakat akan bahaya mengkonsumsi narkoba tanpa indikasi medik dan pengawasan ketat dari dokter dalam rangka penyembuhan. Khusus para tokoh masyarakat dan tokoh agama tidak boleh mengenal lelah dan bosan menanamkan norma-norma dan kebiasaan yang baik sebagai warga masyarakat, baik dalam hubungannya dengan sesama manusia maupun dengan Tuhannya.
Bisa kita lihat dari cara cara di atas, semua nya itu perlu kerja sama. Kita sesama warga negara Indonesia yang baik, yang sama sama mempunya tujuan agar bisa menjadi warga negara yang bisa berguna bagi nusa dan bangsa, mari kita bersama sama mencegah meluasnya penyebaran narkoba dan meminimalisir penyalahgunaan narkoba.

1 comments:

eleanorubelhor said...

Lucky 5 Casino Resort Tickets - Jtm Hub
Find 안산 출장마사지 Lucky 5 Casino 창원 출장샵 Resort venue concert and event 동두천 출장마사지 schedules, venue information, directions, 포항 출장마사지 and seating charts. Find Lucky 5 Casino Resort venue Jan 14, 2022Jamey JohnsonJan 16, 1xbet app 2022Jamey Johnson

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host